Free Web Hosting Provider - Web Hosting - E-commerce - High Speed Internet - Free Web Page
Search the Web

LAMBANG DAERAH

LAMBANG DAERAH

1. Bentuk Lambang

             Lambang  Kabupaten Daerah Tingkat II Lamongna berbentuk segi lima sama sisi, dasar warna biru dengan garis tepi warna hitam dan dengan garis batasan warna putih.

2. Isi Lambang

  1. Sebuah  genuk  atau  tempayanbentuk  lengkung  perspektif  dengan  garis  tepi warna hitam dalam garis lingkaran warna putih. Dibawah dasar tempayan terdapat pita nama bertulisan "LAMONGAN" dengan huruf warna putih di atas dasar berwarna hijau tua dengan garis tepi warna putih.
  2. Gambar  seuntai  padi  dalam  bentuk  melengkung  dan sebelah dalamnya terdapat gambar tempayan berwarna kuning emas.
  3. Gambar  sebuah  untaian  kapas  terdapat  di  sebelah  kiri  gambar  tempayan,  kapas berwarna  putih diatas kelopak berwarna hijau.
  4. Gambar gunung atau bukit tidak berapi, berwarna hitam keabu-abuan dengan  garis  tepi bagian  atas berwarna putih.
  5. Gambar  sebuah  keris  terdapat  di  tengah-tengah  gambar  tempayan, keris  berwarna  putih dengan tangkai berwarna biru.
  6. Gambar  tlundak  bertingkat  lima  berwarna   kuning  dengan   garis   tepi   hitam,   membujur   secara horisontal di tengah gambar genuk.
  7. Gambar  seekor  ikan  leleh  melengkung  didalam  gambar  tempayan bagian  kanan  dengan  kepalah berada di bawah, berwarna biru tua dengan sirip punggung berwarna hitam.
  8. Simetris   dengan  gambar  ikan  lele, terdapat  gambar  seekor  ikan  bandeng  melengkung   di  dalam gambar  tempayan  bagian kiri< tubuh bandeng berwarnah putih dengan garis-garis biru dan dengan sirip berwarna hitam.
  9. Gambar  air  yang  beriak  tiga baris dengan warna biru tua terdapat di dalm gambar tempayan bagian bawah.
  10. Gambar  sebuah  bintang  bersudut  lima  terpampang  di sudut paling atas dengan lima garis sinar ke arah lima penjuru bintang dan sinar berwarna kuning emas.

3. Makna Lambang

  1. Bentuk  segi lima sama sisi pada lambang Kabupaten Daerah Tingkat II Lamongan tersebut, dan juga gambar tlundak bertingkat lima, melambangkan Dasar Negara Pancasila.
  2. Bintang  bersudut  lima  yang  memancarkan  sinar  ke  arah  lima  penjuru  melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
  3. Keris melambangkan kewaspadaan dan juga bagi  mempunyai latar  belakang  sejarah  yang  panjang bagi Kabupaten Lamongan.
  4. Bukit atau gunung yang tidak berapi melambangkan bahwa Kabupaten Daerah Tingkat II  Lamongan mempunyai  wilayah  yang  berupa  daerah  pegunungan  yang  merupakan  sumber  daya  alam yang berguna bagi pembangunan.
  5. Ikan Lele melambangkan sikap hidup yang ulet, tahan  menderita, sabar  tetapi  bila  diganggu  berani memperjuangkan apa yang seharusnya menjadi haknya, dan juga mempunya.
  6. Ikan  Bandeng  melambangkan  potensi  komoditi  baru bagi Kabupaten Daerah Tingkat II Lamongan yang penuh harapan di masa yang akan datang.
  7. Air  yang  beriak  di  dalam  tempayang  melambangkan  bahwa  air  merupakan  masalah  utama yang sering terjadi di Kabupaten Lamongan.
  8. Tempayang   batu   melambangkan   tempat  air  bersih   yang   boleh  di  ambil  oleh  siapapun   yang memerlukan, dan juga merupakan bagian dari sejarah Kabupaten Lamongan.
  9. Padi  dan  Kapas  melambangkan  kemakmuran  rakyat  dalam  arti  kecukupan  pangan, sandang, dan lainnya.
[LAMONGAN] [PROFIL] [DEMOGRAFI] [POTENSI] [ABOUT US]